Terkadang atau bahkan seringkali kita menginginkan format yang berbeda dari apa yang kita ketikkan pada saat kita membuat sebuah dokumen di ms excell. Format dokumen tersebut antara lain, format font (huruf), perataan text, format isi cell, format kertas dan lain lain. Hal ini kemudian mengharuskan kita untuk melakukan pengeditan kembali setelah membuat dokumen.

excellSalah satu format yang sering kali harus kita ubah adalah format huruf kapital atau besar kecilnya huruf (case sentence). Huruf kapital adalah huruf besar yang dipakai menurut pedoman penulisan tertentu. (Dalam Pedoman Bahasa Indonesia, selengkapnya lihat disini). Sayangnya ms excell tidak diprogram untuk pemformatan text seperti format huruf kapital dll. Ms Excell diprogram untuk pengolahan data meliputi berbagai macam fungsi (matematik dan trigonometrik, fungsi logika, fungsi text, dll dsb dst) serta pengolahan grafik. Namun bukan berarti pemfromatan huruf kapital tidak bisa dilakukan di ms excell. Misalnya kita mempunyai data seperti gambar di bawah ini:

excell1

Jika misalnya kita ingin merubah huruf kapital pada kolom NAMA menjadi kapital semuanya, kita bisa melakukannya dengan dua cara di bawah ini:

  • Bantuan Program Lain 

Cara ini menggunakan bantuan Ms Word (yang ahli di bidang pemformatan text) untuk mengubah huruf kapital pada dokumen excell. Adadpun langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Blok Data yang ingin diubah, salin (Copy) dataexcell6
  2. Buka Ms Word dan tempel (Paste) data yang sudah disalin
  3. Blok teks yang ingin diubah excell5
  4. Klik menu Change Case pada Group format Font  *)excell3          excell2
  5. Pilih pemformatan sesuai dengan yang dikehendaki (dalam hal ini UPPERCASE karena kita menginginkan huruf kapital semuanya) *excell4.png
  6. Hasilnya adalah sebagai berikut: excell7.png
  7. Blok kembali teks yang sudah diedit format huruf kapitalnya tersebut kemudian salin (copy) teks
  8. Buka lagi data di Ms Excell, Blok lokasi data yang akan diubah, kemudian tempel (paste) data/teks yang sudah disalin dari ms word.
  9. Biasanya format tabel akan sedikit berubah, untuk itu kita perlu menyesuaikan lagi formatnya. excell8
  10. Selesai.
  • Menggunakan Fungsi di Ms Excell (Formal Prosedural )

Cara yang kedua ini menggunakan fungsi teks yang ada pada ms excell. Ms Excell mempunyai fungsi yang bisa digunakan untuk mengubah huruf kapital pada huruf / teks. Fungsi tersebut antara lain :

UPPER : Fungsi teks pada excell yang berguna untuk mengubah teks menjadi huruf kapital (besar) semuanya

LOWER : Fungsi teks pada excell yang berguna untuk mengubah teks menjadi huruf kecil semuanya

PROPER: Fungsi teks pada excell yang berguna untuk mengubah teks menjadi kapital pada setiap huruf yang berada pada awal kata.

Untuk menggunakan fungsi tersebut, kita membutuhkan bantuan sel lain yang kosong. Jika misalnya pada data seperti pada gambar di atas, kita ingin mengubah nama siswa pada sel C8:C17, menjadi kapital setiap awal katanya, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik sel kosong  di sebelah kanan tabel (misalnya sel G8).
  2. Ketikkan rumus: “=PROPER(C8)” tanpa tanda petik lalu tekan Enter. (c8 adalah sel yang berisi data nama yang pertama)
  3. Salin (copy) rumus pada sel G8 ke sel G9:G17excell9
  4. Dan hasilnya adalah sebagai berikut: excell10.png
  5. Blok (sorot) hasil pengeditan pada sel G8:G17, kemudian salin (copy) data
  6. Sorot kembali data nama pada sel C8:C17 kemudian klik kanan dan pilih Paste Special excell11
  7. Pilih Paste Valueexcell12.png
  8. Blok dan hapus data perantara (data pada sel G8:G17)
  9. Dah hasilnya adalah sebagai berikut:excell13.png
  10. selesai.

Itulah salah dua cara yang dapat digunakan untuk mengubah atau mengedit format huruf kapital pada ms excell. Mungkin, selain dua cara tersebut masih ada cara lain yang lebih cepat dalam mengubah format tersebut. Bagi yang mempunyai metode lain dalam memecahkan masalah tersebut bisa sharing di kolom komentar.

Sekian, semoga bermanfaat.

*): Selain dengan menekan tombol menu seperti pada poin nomor 4 di atas, untuk mengubah format kapital pada aplikasi Ms word ada cara lain yang bisa ditempuh. Yaitu dengan menekan kombinasi tombol Shift+F3 pada keyboard, atau dengan menekan tombol Alt+O+E, kemudian memilih format yang dikehendaki pada dialog box change case yang muncul setelah itu, kemudian klik OK

Iklan