Query adalah sarana untuk mengatur data yang disimpan dalam tabel, sehingga hanya data-data tertentu saja yang akan dimunculkan dalam tabel. Secara fisik query adalah tabel juga. Jadi query adalah tabel yang dibuat dari beberapa tabel lainnya dengan tujuan untuk mengelompokkan data baru berupa tabel dengan sumber tabel-tabel yang sudah ada. Query digunakan untuk melihat, mengubah, dan juga menganalisa data dalam berbagai cara. Query juga dapat digunakan sebagai sumber untuk record-record pada form dan report.

Projek kita kali ini adalah membuat query yang akan menampilkan data (field) : NIS, Nama, Jns_kelamin, Alamat, Tem_Lahir, Tgl_Lahir dari tabel Siswa dan field kelas dari tabel Tbl_kelas dari tabel siswa dan tabel tbl_kelas yang sudah kita buat. lihat (membuat tabel)

Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Tab Create, pilih Query Design.
  2. Muncul dialog Show Table, pilih tabel Siswa kemudian klik Add (Memasukkan tabel siswa ke dalam query), selanjutnya pilih tabel Tbl_kelas kemudian klik Add (Memasukkan tabel tbl_kelas ke dalam query). Setelah itu klik Close.
  3. Klik ganda (double klik) field-field yang akan dimasukkan ke dalam query antara lain: NIS, Nama, Jns_kelamin, Alamat, Tem_Lahir, Tgl_Lahir dari tabel Siswa dan field kelas dari tabel Tbl_kelas.
  4. Simpan dengan nama Qry_siswa.

Sampai disini kita sudah membuat sebuah query yang menampilkan data berupa NIS, Nama, Jns_kelamin, Alamat, Tem_Lahir, Tgl_Lahir dari tabel Siswa dan field kelas dari tabel Tbl_kelas. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik menu Run atau klik tombol Datasheet view. Dan untuk mengedit kembali querynya klik tombol Design View.

query_siswa

Menyortir dan Menyaring Data

Fungsi dasar query antara lain untuk mengurutkan (sortir) data dan menyaring (filter) data berdasarkan kriteria tertentu. Dan kedua fungsi itu sudah tercantum pada jendela query yang kita buat. (lihat gambar di atas)

Menyortir

Data yang kita masukkan ke dalam tabel dapat kita urutkan berdasarkan field tertentu. Adapun pengurutan (sortir) ada dua macam yaitu: Ascending (dari A-Z) dan Discending (dari Z-A).

Misalnya query yang kita buat akan digunakan untuk menyortir data berdasarkan field Nama diurutkan mulai dari nilai Nama A sampai Nama Z, maka yang perlu kita lakukan adalah klik pada kolom Nama pada baris Sort kemudian pilih Ascending. Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyortir data berdasarkan Umur siswa diurutkan mulai dari yang paling muda sampai yang paling tua, maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, hapus sortir pada field Nama kemudian klik pada kolom Tgl_lahir pada baris Sort kemudian pilih Discending. Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Menyaring Data

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyaring data: Hanya menampilkan data siswa yang berjenis kelamin perempuan, maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, klik pada kolom Jns_Kelamin pada baris Criteria =”P”Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyaring data: Hanya menampilkan data siswa yang Nama awalnya adalah Ahmad , maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, klik pada kolom Nama pada baris Criteria = Like “Ahmad*”Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View. (keterangan: tanda bintang setelah kata Ahmad berarti semua. Jadi semua siswa yang namanya Ahmad ….. akan ditampilkan oleh query)

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyaring data: Hanya menampilkan data siswa yang Nama belakangnya adalah Yanti , maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, klik pada kolom Nama pada baris Criteria = Like “*Yanti”Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyaring data: Hanya menampilkan data siswa yang alamatnya Salaman, maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, klik pada kolom Alamat pada baris Criteria = Like “SalamanSetelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Misalnya lagi query yang kita buat akan digunakan untuk menyaring data: Hanya menampilkan data siswa yang tanggal lahirnya setelah tanggal 31 desember 1997, maka yang perlu kita lakukan adalah klik tombol Design View untuk bisa mengedit query, klik pada kolom Tgl_lahir pada baris Criteria = >31/12/1997Setelah itu lihat hasilnya dengan menekan tombol Run atau Datasheet View.

Nah, seperti itulah sekelumit penggunaan query select pada database. Untuk sementara kita hilangkan terlebih dulu Sortir dan filter (criteria) yang sudah dituliskan. kemudian simpan Query.

Silahkan lihat vidoenya disini.

Tahap selanjutnya yaitu membuat Report.

Iklan