Setelah kita membuat berbagai tabel dalam database, kita memerlukan cara untuk memberi tahu Access 2007 begaimana dat tersebut menjadi kesatuan. Langkah pertama dalam proses ini adalah mendefinisikan relasi antar tabel. Setelah kita melakukan langkah ini kita dapat membuat query, form dan report untuk menampilkan informasi dari tabel.

Relasi antar tabel bekerja dengan mencocokkan data dalam field kunci, biasanya berupa field yang memilik nama yang sama pada kedua tabel yang memiliki relasi. Pada umumnya, field-field yang bersesuaian ini adalah primary key pada tabel yang satu, yang memberikan identitas unik bagi tiap record dalam tabel tersebut dan foreign key pada tabel yang lainnya.

Jenis-jenis Relasi Antar Tabel

  • One to many relationship (relasi satu ke banyak)

Relasi satu ke banyak adalah jenis relasi yang paling umum. Dalam relasi satu ke banyak, sebuah record dalam tabel A dapat memiliki banyak record yang bersesuaian dalam tabel B. Tetapi sebeuha record dalam tabel B hanya memiliki sebuah record dalam tabel B hanya memiliki sebuah record yang bersesuaian dalam tabel A.

  • Many to many relationship (relasi banyak ke banyak)

Dalam relasi banyak ke banyak, sebuah record dalam tabel A, dapat memiliki banyak record yang bersesuaian dalam tabel B, dan sebuah record dalam tabel B dapat memiliki banyak record yang bersesuaian dalam tabel A. Jenis relasi ini hanya dimungkinkan jika kita mendefinisikan tabel baru sebagai perantara. Relasi banyak ke banyak sebenarnya merupakan dua buah relasi satu ke banyak terhadap tabel perantara.

  • One to many relationship (relasi satu ke satu)

Dalam relasi satu ke satu, setiap record dalam tabel A hanya dapat memiliki satu record yang bersesuaian dalam tabel B dan sebaliknya. Jenis relasi ini tidak umum karena sebenarnya tabel A dan tabel B dapat digabungkan menjadi sebuah tabel. kita dapat menggunakan relasi satu ke satu untuk membagi tabel yang memiliki field yang banyak untuk mengisolasi sebagian tabel dengan keamanan data.

Cara untuk membuat relasi antar tabel disini.

relasi1

Pengaturan Relasi Antar Tabel

Jika Enforce Referential Integrity di centang (diaktifkan) berarti kita memberlakukan aturan Referential Integrity terhadap relasi yang kita modifikasi. Selain itu juga ada dua pilihan lain :

  • Cascade Update Related Fields, perubahan pada primary key pada tabel primer secara otomatis mengubah pada record-record yang bersesuaian dalam tabel yang memiliki relasi dengan tabel primer.
  • Cascade Delete Related Record, penghapusan record pada tabel primer, mengakibatkan penghapusan record yang bersesuaian pada tabel yang direlasikan dengan tabel primer.

Sebagai tambahan, Referential Integrity adalah aturan yang digunakan Access 2007 untuk meyakinkan bahwa relasi antar record-record dalam tabel yang direlasikan adalah valid, dan bahwa kita tidak akan dapat secara sengaja menghapus atau mengubah data yang direlasikan. Kita dapat menentukan referential integrity jika semua kondisi di bawah terpenuhi :

  • Field yang bersesuaian dari tabel primer adalah primary key atau memiliki index yang unik.
  • Field-field yang direlasikan memilik tipe data yang sama kecuali :
  1. Field dengan tipe data AutoNumber dapat direlasikan dengan field yang bertipe Number yang memiliki properti Field Size Long Integer.
  2. Field dengan tipe AutoNumber yang memiliki properti Field Size Replication ID dapat direlasikan dengan field yang bertipe data Number yang memiliki Properti Field Size Replication ID.
  • Kedua tabel yang direlasikan merupakan database dari Microsoft Access.

Jika Referential integrity diberlakukan, kita harus memperhatikan aturan-aturan berikut :

  • Kita tidak dapat mengisikan nilai dalam foreign key pada tabel yang nilainya tidak ada dalam primary key dalam tabel primer. Tetapi kita dapat dapat mengisikan nilai NULL dalam foreign key, yang menyatakan bahwa record tersebut tidak direlasikan.
  • Kita tidak dapat menghapus data dalam tabel primer jika ada record-record yang bersesuaian dalam tabel yang direlasikan.
  • Kita tidak dapat mengubah nilai dalam primary key pada tabel primer, jika record tersebut memiliki record yang direlasikan.

Menu Pilihan Join Type pada jendela Edit Relationship:

  1. Only Include rows where the joined fields from both tables are equal. Pilihan default, artinya hanya menampilkan record-record yang bersesuaian dari kedua tabel yang memiliki relasi.
  2. Include ALL records from ‘TDVD/VCD’ and only those records from ‘TSewaVCD/DVD’ where the joined fields are equal. Artinya menampilkan semua record dalam tabel yang direlasikan dan hanya record-record yang bersesuaian pada tabel primer.
  3. Include AL L records from ‘TSewaVCD/DVD’ and only those records ‘TDVD/VCD’ where the joined field are equal. Artinya menampilkan semua record dalam tabel primer dan hanya record-record yang bersesuaian pada tabel yang direlasikan.

Sumber: Dani R. Taufani, Mengolah Data dengan Microsoft Office 2007

Iklan