Setelah kita selesai membuat tabel dengan Ms Access, tahap selanjutnya adalah menghubungkan antar tabel atau yang dikenal dengan istilah membuat Relasi antar tabel. (Tabel saja ada relasinya, masa kamu enggak….. 😛 ) Relasi ini bertujuan untuk menghubungkan tabel satu dengan yang lain sehingga database yang tersususun menjadi database dalam satu kesatuan. Itu artinya, data pada tabel satu bisa diambil dengan perantara relasi tersebut. Lebih lengkap tentang relasi, klik disini.

Sebelum kita merelasikan tabel-tabel yang kita buat, perhatikan terlebih dahulu syarat-syarat relasi antar tabel sebagai berikut:

  1. Jumlah tabel harus lebih dari satu. (yaiyalah…. :-D)
  2. Terdapat satu buah field primary key pada tabel satu dan satu buah field foreign key pada tabel yang lain
  3. Type data dan property field pada field foreign key harus sama dengan Type data dan property field pada field primary key
  4. Jika tabel sudah berisi record, semua data entry yang ada pada foreign key haruslah sesuai dengan data entry yang ada pada primary key. (jika ada satu saja data pada foreign key yang ternyata tidak ada pada primary key, tabel tidak bisa direlasikan).
  5. Tabel-tabel yang akan direlasikan harus dalam keadaan ditutup/tidak ditampilkan (dalam mode datasheet view maupun design view)

Adapun cara untuk membuat relasi antar tabel adalah sebagai berikut:

  1. Buka file database yang sudah dibuat
  2. Buka security warning dan pilih enable content
  3. Buka tab Database Tools kemudian klik menu Relationship
  4. Masukkan tabel-tabel yang akan direlasikan (dalam hal ini tabel siswa dan tabel kelas) dengan cara klik pada tabelnya kemudian klik Add. Atau bisa juga dengan klik ganda pada tabel yang akan ditambahkan
  5. Klik field kelas pada tabel kelas kemudian klik dan geser (drag) menuju field kelas pada tabel siswa
  6. Muncul dialog Edit Relationship. Centang pada bagian Enforce Referential Integrity kemudian klik Create (keterangan tentang enforce referiential integrity lihat disini)

relasi1

Dan Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini.

relasi2

Bagi yang kurang jelas, silahkan tonton videonya disini.

Tahapan selanjutnya yaitu Membuat form.

Iklan