Alat Pengolah Data Dan Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam  menghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.

1.    Peralatan manual:

Abacus/Swipoa

yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia. Contoh: Biji-bijian, Lempengan tanah liat untuk menghitung, Abacus (Swipoa), Tasbih dll.

2.    Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

3.    Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik. Contoh: Jam, Speedometer dll.

4.    Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh. Contoh: Calculator Elektronik, Komputer

Sejarah Komputer

Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959)

Sebenarnya sebelum tahun 1946 sudah terdapat alat pengolah data, akan tetapi alat-alat tersebut belum dapat dikategorikan sebagai komputer. Hal ini dikarenakan alat-alat tersebut belum menggunakan konsep Stored Program. Strored program adalah operasi pada komputer di kontrol atau dikendalikan oleh program yang di simpan di memori komputer.

Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah sebagai berikut:

1.    Komponen utama menggunakan tabung hampa udara (Vacume Tube)

2.    Program dibuat dengan menggunakan Bahasa mesin (Machine Language)

3.    Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage.

4.    Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.

5.    Kecepatan proses: mampu mengoperasikan ratusan atau bahkan ribuan operasi perdetik

6.    Orientasi utama pada aplikasi bisnis.

7.    ukuran fisik besar, cepat panas sehingga membutuhkan pendingin, simpanannya kecil, dan membutuhkan daya listrik yang besar.

Yang termasuk komputer generasi pertama adalah :

–       ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

ENIAC (Komputer Generasi I)

Merupakan komputer yang pertama. Sebenarnya ENIAC dikembangkan mulai tahun 1942 di University of Pensylvania, dengan tujuan utama membantu US Army untuk menghitung target sasaran bom. ENIAC merupakan komputer berukuran fisik besar. Membutuhkan tempat lebih dari 500 m2, volume 105 m3, terdiri dari 18000 tabung hampa udara, 10000 kapaasitor dan 70000 resistor. Berat ENIAC lebih dari 30 ton. ENIAC mampu melakukan 5000 buah pertambahan 10 digit angka dalam waktu 1 menit dan mampu melakukan 300 buah perkalian dalam waktu 1 menit. ENIAC dapat mengolah data dalam waktu sehari untuk pekerjaan yang dilakukan selama 30 hari oleh komputer sebelumnya atau 300 hari bila dikerjakan oleh tangan secara manual. Semua input dan output dilakukan dengan kartu plong.

–       Harvard Mark II, Harvard Mark III

–       EDSAC (Electronic Delayed Storage Automatic Computer)

–       IBM seri 701

–       UNIVAC II

 

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)

Ciri-ciri dari komputer generasi kedua adalah

1.    Komponen yang dipergunakan adalah transistor

2.    Program dibuat dengan menggunakan Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) misalnya: FORTRAN, COBOL, ALGOL.

3.    Kapasitas memori dapat menyimpan puluhan ribu karakter

4.    Menggunakan simpanan luar berbentuk Removable disk atau disk pack.

5.    Mempunyai kemampuan Real-Time (informasi yang dibutuhkan, seketika dapat dihasilkan) dan Time-Sharing (beberapa pemakai dapat menggunakan komputer secara bersamaan dan komputer akan membagi waktunya)

6.    Orientasinya pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik

7.    Dapat memproses jutaan operasi perdetik

8.    Ukuran fisik lebih kecil, dan membutuhkan lebih sedikit daya listrik

Yang termasuk komputer generasi keuda adalah :

–       PDP-1, PDP-5 PDP-8

–       IBM seri 7070,7080, 1400, 1600

–       UNIVAC III, SS80, SS90 1170

Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)

Ciri komputer generasi ketiga adalah

1.    Komponen yang digunakan yaitu IC (Integrated Circuit)

2.    Sudah menggunakan Sistem Operasi, sehingga memungkinkan untuk melakukan Multiprocessing (yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan) dan Multiprograming (yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus)

3.    Mampu memproses jutaan operasi perdetik (ukuran kecepatannya microseconds) atau bahkan milyard operasi per detik (Nanoseconds)

4.    Dapat menyimpan ratusan ribu karakter

5.    Penyimpanan luar bersifat random access

6.    Dapat menampilkan gambar dan grafik dan dapat mengeluarkan suara karena sudah menggunakan visual display terminal sebagai alat input outputnya.

7.    Mampu melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya lewat alat komunikasi telpon.

Komputer-komputer generasi ketiga antara lain:

–       IBM S/360

–       UNIVAC 1108, 9000

–       NCR seri Century

–       GE 600, 235

Komputer Generasi Keempat (Mulai tahun 1971)

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran

Chip Intel-4004

komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.

Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium

intel-core-i7

III, Pentium IV, Dual Core, Core 2 Duo, Core i3, Core i5, Core i7  (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, AM2, AMD Phenom dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. Perusahaan yang mengembangkan jaringan LAN adalah perusahaan Datapoint Corporation yaitu dengan mengembangkan ArcNet yang merupakan LAN yang pertama.

 

Komputer Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Sumber:

Sebuah Buku yang sudah agak usang dengan judul yang sudah tidak ingat lagi dikarenakan hilang beserta bukunya. (Pemberian dari Sdri. Ninik Tri Hartanti — Kawan mengajar di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo, Magelang — sebagai bahan mengajar materi PIK)


http://4.bp.blogspot.com/_m1EV0SSOjI4/S6wv_ztCskI/AAAAAAAAABQ/PxJg1iBOIq4/s1600/intel-core-i7.jpg

Magelang, 30 April 2011

Kharis Al Faqier

Iklan