angka

Angka begitu dipuja oleh manusia. Kita bisa lihat, hampir semua sisi kehidupan manusia tak lepas dari angka. Mulai dari nominal mata uang, perhitungan hari, id pada KTP dan kartu-kartu lainnya, ukuran2, nilai2, id untuk kendaraan, rumah, dan banyak lagi. Sepertinya manusia begitu bergantung pada angka.

Bahkan diperlukan banyak pengorbanan untuk mendapatkan atau hanya untuk merayakan angka2 tersebut. Misalnya saja:

  • Manusia rela menanggalkan sisi kemanusiaannya untuk mendapatkan angka yang tertera pada lembaran2 kertas atau logam yang sering kita kenal sebagai uang.
  • Hari kelahiran manusia atau yang disebut Ulang Tahun–yang juga merupakan kumpulan angka– diperingati dengan pesta mewah oleh sebagian kalangan.
  • Termasuk pergantian tahun atau Tahun Baru, yang hanya pergantian angka, diperingati dengan pesta2 oleh sebagian besar penduduk dunia.
  • Bahkan ada yang harus tidur di kuburan atau meminta bantuan orang pintar (dukun) hanya untuk mencari beberapa digit angka.

Begitu sakti dan elok-kah angka?

Kalau boleh berandai-andai, pernahkah terbayang jika seandainya saja pada suatu waktu Tuhan dengan keperkasaan-Nya melenyapkan makhluk yang bernama angka itu dari muka bumi? Kira2 apa akibatnya?

Iklan